Manfaat and Tips Seputar GOWES

Gowes sepeda sekarang menjadi trend masyarakat. Sampe2 sekarang banyak komunitas2 sepeda gitu dikalangan anak muda. Wow…hal ini positif sekali tentunya dan banyak ngasih manfaat terhadap lingkungan, antara lain menekan polusi udara akibat gas kendaraan (secara banyak yg mulai naik sepeda), menghemat penggunaan bahan bakar minyak, trs juga mengurangi macet..hehehee..Dan yg paling penting bikin tubuh ngeluarin keringat sehingga kita jd sehat akibat olahraga gowes2 ini..

Tapi..ada beberapa hal yg “nice to know” tentang olahraga murah n praktis ini..

Berikut beberapa hal yg menarik utk disimak (dikutip dari http://www.gowes.org)…Yuk mari dicek…:D


Pengaruh Gowes Untuk Sperma

Olahraga sepeda merupakan yang sangat baik untuk menjaga dan . Namun jangan berlebihan sebab pria yang bersepeda (gowes) lebih dari 5 jam dalam sepekan memiliki jumlah sperma lebih sedikit.

Hubungan olahraga bersepeda dengan kualitas sperma pada pria sudah lama menjadi topik pembicaraan. Namun penelitian yang mengukur seberapa besar kaitan antara keduanya baru terungkap dalam penelitian Lauren Wise dari Boston University baru-baru ini.

Penelitian yang melibatkan 2.200 partisipan pria yang berkunjung ke sebuah klinik kesuburan ini dilakukan dengan mengamati sampel sperma masing-masing. Selain itu, para partisipan juga diminta mengisi kuisioner tentang aktivitas olahraga yang dilakukannya sehari-hari.

Setelah disesuaikan dengan faktor lain seperti dan kondisi kesehatan, peneliti mengungkap pria yang jarang berolahraga memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan yang berolahraga secara teratur. Sperma yang dihasilkan juga lebih buruk kualitasnya karena kurang aktif bergerak.

Menariknya, sebagian pria yang rajin berolahraga ternyata juga mengalami masalah serupa. Tapi hanya jenis olahraga tertentu yang membuat pria mengalami penurunan kualitas dan kuantitas sperma, yakni olahraga bersepeda.

Bersepeda lebih dari 5 jam dalam sepekan membuat 31-40 persen pria memiliki jumlah sperma di bawah normal. Angka ini bahkan lebih tinggi dibandingkan pada pria yang tidak pernah olahraga yakni 23-27 persen.

Peneliti menduga pemicunya adalah trauma yang terjadi di sekitar buah zakar akibat gesekan dengan . Selain itu di daerah tersebut juga diyakini menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap produksi sperma.

Meskipun demikian peneliti mengakui responden yang terlibat belum tentu mewakili populasi pria pada umumnya. Karena para partisipan merupakan pengunjung klinik kesuburan, bisa jadi sejak awal pria-pria ini memang sudah punya masalah dengan spermanya.

“Butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah hasilnya konsisten sebelum menyimpulkan adanya hubungan sebab dan akibat,” ungkap si peneliti, Lauren seperti dikutip dari Reuters, Jumat (10/12/2010).

Bersepeda Sebagai Obat yang Mujarab

Depresi dan Masalah Kecemasan

Menurut “The ” ada 14,8 juta orang Ameria menderita depresi. Meskipun masalah ini bisa menyerang rentang umur berapa saja namun umumnya mulai 30-32 tahun merupakan bagian terbesar (mungkin karena umur produktif lagi giat2 nya kerja dan banyak stress). Lebih dari 40 juta mengalami masalah alias anxiety disorder. Gejalanya dapat bermacam-macam mulai dari kesedihan yang berlanjut / berkelamaan, mood kosong alias suka bengong, pola tidur yang kacau dan tidak teratur, dan kehilangan semangat atau perasaan senang, yang membuat penderita mengalami lemah semangat, atau perasaan tertekan. juga dapat mengakibatkan kondisi serupa saat kelelahan waktu menanjak naik sepeda di gunung yaitu nafas pendek, jantung berdebar-debar, dan kepala pusing. Bedanya yang naik sepeda sedang menikmati capenya naik gunung untuk mendapatkan pemandangan dan kesenangan yang sakit sedang menderita dan tanpa ada nikmat sama sekali.

Bersepeda gunung sebagai Obat

Berenang dalam Endorphins, sewaktu bersepeda, tubuh mengeluarkan endorphins di otak, suatu chemical yang dapat menyebabkan sel-sel receptors otak untuk mengurangi rasa sakit. Seperti Morfin, bedanya endorphins tidak menyebabkan kecanduan/ketergantungan dan diproduksi oleh tubuh sendiri bukan external. Endorphins mengakibatkan efek positif dan efek senang di tubuh kita.

Perasaan Hangat, sewaktu bersepeda suhu tubuh naik dan dipercaya memberikan efek menenangkan pada otak, bersepeda sama efeknya seperti kita duduk di sekitar api unggun waktu camping di pegunungan perasaan hangat yang menyenangkan.
Meningkatkan kepercayaan diri, buatlah suatu sasaran waktu bersepeda, misalnya dapat menanjak ditanjakan yang cukup menantang di dekat rumah sebagai suatu tantangan yang dilatih teruse menerus, atau meningkatkan waktu lap/putaran bersepeda, atau bahkan sasaran kecil yaitu mampu mengelilingi kompleks rumah. Buat sasaran yang meningkat dan setiap tahap dapat dicapai. Niscaya akan terus meningkat.

Pengalihan perhatian yang baik, umumnya perhatian yang terganggu/teralihkan buruk akibatnya mengganggu konsentrasi. Namun mengalihkan perhatian dari mood kosong/bengong atau perasaan cemas, dan hal2 buruk dengan hal yang baik tetap lebih baik. Apalagi bersepeda di alam dengan indahnya pemandangan, akan cukup sulit untuk tetap berpikiran buruk saat itu… Suatu efek yang luar biasa…

Bertemu dengan orang2 yang baik, pada umumnya waktu bersepeda orang menjadi ramah saling menyapa dan membantu. Jarang sekali bertemu orang2 yang bertingkah buruk atau memiliki sifat buruk. (Yang pada umumnya orang2 tersebut tidak suka bersepeda hiks… hiks). Namun hati2 memang ada yang sudah tergila2 dengan sepeda sampai lupa keluarga yang ini perlu di sikapi dengan bijak

, daripada lari ke obat, minuman keras, rokok, dsb untuk mendapatkan efek yang mungkin serupa tapi tidak sama dalam hal dampak kesehatan, jelas pilihan bersepeda akan lebih baik, karena mendapatkan efek yang jauh lebih banyak, tidak hanya menenangkan namun juga menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Asal jangan kantong sampai jebol sehingga tambah depresi.

Manfaat Bersepeda Menurut Prof. Froböse

Berikut hasil interview dengan Prof. Froböse dan team di Center of Health of the Academy of Cologne, dikutip dari cyclingandhealth.com.

SAKIT PUNGGUNG, sakit punggung biasanya sering diakibatkan hasil secara langsung oleh kurangnya berolah raga. Dengan kurangnya berolah raga maka menyebabkan discs (piringan-piringan) pada tulang punggung tidak mendapatkan pasokan nourishment (nutrisi) secara optimum sehingga kemampuan dari piringan-piringan tadi menjadi berubah dan suatu saat dibebani dengan pekerjaan yang agak berat maka piringan-piringan tadi tidak sanggup dan menyebabkan nyeri. Dengan bersepeda akan dapat mengatasi masalah ini yaitu pertama, latihan fisik secara terus menerus yang akan membantu mengembalikan kemampuan discs berikut suplai “makanan” menjadi optimal kembali. Kedua, Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat sehingga dapat membantu kerja tulang belakang. Jadi bersepeda juga dapat menstabilkan kinerja tulang punggung.

PERSAMBUNGAN LUTUT, penyebab umum terjadinya nyeri lutut biasanya karena kerusakan pada tulang

rawan/muda. Tekanan berlebihan yang terletak pada sambunagn lutut, sebagai contoh:

dikarenakan jogging, atau terlalu gemuk, menghambat atau menolak pasokan nutrisi ke tulang rawan. Konsekuensinya tulang rawan menjadi lemah dan mulai rusak. Awal dari kerusakan/nyeri lutut saat dimana mineral-mineral berharga tidak bisa masuk ke tulang rawan. Semenjak tulang rawan tidak dialiri darah maka mineral-mineral berharga tidak bisa masuk ke tulang rawan. Pergerakan pada persambungan lutut dapat mendorong nutrisi kepada tulang rawan. Bersepeda adalah salah satu cara yang paling sedikit terjadi tekanan pada lutut dan cara yang paling baik untuk menguatkan tulang rawan.

JANTUNG DAN SISTEM CARDIOVASCULAR, Jantung adalah satu-satunya “motor” kita dan karena alasan itulah kita harus benar-benar merawatnya. Gejala stres dan mengerasnya arteri-arteri () sebagai contoh, menyebabkan efek yang merusak pada jantung dan menghasilkan tekanan darah tinggi. Hal ini berakibat sesorang akan mengalami serangan jantung. Bersepeda akan memperbaiki sirkulasi darah secara keseluruhan. Yang terpenting adalah jantung akan bekerja lebih ekonomis karena performa pemompaan menjadi lebih efisien sehingga mengurangi tekanan darah secara keseluruhan dan mungarangi resiko penyakit jantung.

SISTEM KEKEBALAN, Infeksi adalah penyebab utama anda absen dari tempat kerja anda ;) . Satu dari beberapa alasan adalah kurang efektifnya kinerja sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan reaksi alergi dan ketidakmampuan melawan flu dan demam. Bersepeda dapat meningkatkan kualitas sistem kekebalan dengan mengijinkan tubuh untuk melindungi dirinya dari virus dan bakteri. Bersepeda adalah metode olahraga yang paling banyak memiliki manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah murah, bisa menghilangkan stress juga secara fisik membuat lebih sehat dan kuat.

Manfaat bersepeda dari berbagai sumber

Menurut article tersebut ternyata ada banyak manfaat sepedahan antara lain:
1. Sampai ditujuan lebih cepat (jelas melawan macet yang parah pakai mobil)

2. Tidur lebih nyenyak (dari penelitian of medicine, terutama yang mengalami insomnia dianjurkan sepedahan 20-30 menit setiap hari).
3. Terlihat lebih muda karena paparan sinar matahari, cuman katanya jangan lupa pakai sunscreen dan juga ya jadi hitam kulitnya  (juga dari Stanford University, karena meningkatnya sirkulasi oksigen dan mengeluarkan racun dari tubuh, ini sepertinya hampir semua olah raga aerobic deh).
4. Meningkatkan penceranaan karena olah raga bersifat aerobic meningkatkan pernapasan dan detak jantung yang menstimulasi kontraksi otot pencernaan juga.
5. termasuk daya ingat, karena adanya regenerasi sel otak yg meningkat hingga 15 persen kalau rajin bersepeda.
6. Mengurangi jatuh sakit, karena sel imune menjadi lebih aktif
7. Berumur lebih panjang, menurut artikel 45 menit bersepeda menyebabkan 9 tahun lebih mudah secara biologis.
8. , karena tubuh menjadi lebih fit tentunya.
9. Menyelamatkan Bumi, ini kalau tiap hari bike to work kali ya.
10. Simbol status, menurut artikel memiliki sepeda dan bersepeda juga menjadi simbol status saat ini.
11. Dapat meningkatkan kemungkinan untuk memiliki anak, yang ini no comment
12. Menyembuhkan jantung, Menurut di US, bersepeda secara rutin, dapat mengurangi 50% kemungkinan .
13. Karena jarang sakit maka perusahaan anda akan lebih senang (jarang bolos jadinya)
14. Mengurangi kemungkinan penyakit Kanker, bila bersepeda 30 menit sehari kemungkinan kanker turun setengahnya.
15. Mengurangi berat lebih aman di sadel, dibandingkan lari dimana otot kaki menumpu berat badan secara penuh dibandingkan duduk di sadel.
16. Mengurangi polusi (kalau tiap hari atau makin banyak yang bersepeda kalau tidak malah terpapar polusi kali ya).
17. Dapat menjadi sarana kegiatan keluarga yang lebih menyenangkan, yang ini bener juga, karena jarang2 yang bisa hobi bareng.
18. Bisa berpikir lebih kreatif
19. Membakar lemak lebih banyak lagi
20. Memberikan kecanduan yang bersifat positif (daripada kecanduan obat terlarang atau minuman keras)
21. Menambah pergaulan dan teman
22. Bisa dilakukan di segala cuaca (belum pernah sih sepedahan ujan2 takut sakit malah).
dan masih beberapa lagi manfaatnya… panjang banget artikelnya tapi menarik juga kalau ditelaah dan banyak benarnya. So tunggu apa lagi… ayo Gowes.

Tips Mencegah (backpain) Cidera pinggang & punggung saat bersepeda

http://passionispain.com/wp-content/uploads/2011/05/back-pain-300x274.jpghttp://i.ehow.co.uk/images/a05/0b/pv/recumbent-bicycles-back-pain-2.1-800x800.jpg

Backpain sakit bagian pinggang dan punggung merupakan bagian belakang badan kita. Bagian tersebut sering mengalami cidera atau sakit ketika kita bersepeda dalam jarak yang cukup jauh. Cidera yang kita alami mengakibatkan sakit yang bekepanjangan jika tidak segera dilakukan recovery (pemulihan). Banyak faktor yang perlu diperhatikan jika kita sering mengalami sakit pada bagian tersebut.

Berikut Tips untuk mengurangi dan mencegah Backpain yang berlebihan ketika bersepeda (, Triathlon Plus):

Panjang Kaki - Image healthcare.uiowa.edu

Panjang Kaki – Image healthcare.uiowa.edu

Panjang Kaki

Periksa panjang kaki Anda: jika Anda memiliki panjang kaki yang berbeda (baik karena perbedaan aktual dalam panjang tulang kaki atau pronasi kaki dan panggul). Panjang kaki yang berbeda, mengakibatkan bagian kaki yang pendek akan menarik pinggul lebih kebawah ketika melakukan pedaling. Minta bantuan rekan anda untuk memeriksa tingkat tinggal pinggul anda ketika kaki pada puncak pedaling.

Panjang Stem - Image parktool.com

– Image parktool.com

Panjang Stem

yang tepat tentunya memberikan kenyamanan lebih ketika anda bersepeda dalam jarak jauh. Kesalahan paling sering ditemukan adalah penggunaan Steam (batang penghubung handlebar dengan fork depan) yang terlalu pendek. Stem yang terlalu pendek memaksa rider menjadi posisi membungkuk yang berlebihan (over).

Posisi rider yang terlalu membungkuk menyebabkan dan otot akan berkerja berlebihan dibagian tulang belakang, pada kasus yang ekstrim membuat tekanan yang berlebih pada syaraf pinggang.

Jika Stem yang pendek mengakibatkan sakit pada pinggang, kebalikannya jika stem terlalu panjang mengakibatkan punggung menjadi sakit. Jika anda mengalami sakit pada bagian sekitar leher, bahu kemungkinan karena posisi badan yang terlalu merebah. Hal lain yang perlu diperiksa adalah ketinggian stem, posisi stem yang terlalu rendah mengakibatkan stres pada bagian bawah punggung.

Sadle seat - Foto Columbia-HTC

Sadle seat – Foto Columbia-HTC

(tempat duduk)

Sebuah studi mempelajari bagaimana posisi sudut sadle mempengaruhi kinerja punggung bagian bawah. Perubahan sudut sadle yang tidak tepat mengakibatkan cidera punggung bagian bawah. Dengan hanya menyesuaikan sudut sadle dan meletakkan kembali kembali dalam sudut netral, 70 persen dari para pengendara sepeda dibebaskan dari sakit punggung. Jadi periksa sudut kursi (sadle) sepeda anda- aturan baku yang paling mudah adalah posisi sadle harus sejarar dengan rata-rata tanah.

ketika bersepeda

Variasi posisi ketika bersepeda sangat menolong mengurangi cidera bagian belakang punggung dan pinggang. Ketika berlatih atau sekedar recovery biasakan memvariasikan posisi anda ketika ridding. Berdiri diatas sadle untuk beberapa saat sangat membantu mengurangi tekanan pada punggung, ketika medan menanjak tetap variasikan posisi anda diatas sepeda. Geser posisi duduk anda mulai dari depan, tengah dan belakang sadle untuk mengurangi stres pada bagian punggung bawah.

Latihan otot pinggang dan punggung

Banyak orang ketika pemanasan lebih melatih otot perut dan otot punggung bawah (rektus abdominus, internal, eksternal obliques, dan transversus abdominus) dengan tujuan untuk menghindari cidera backpain. Beberapa penelitian menunjukan backpain tidak hanya disebabkan oleh tiga otot utama tersebut, untuk punggung bagian bawah, panggul dan pinggul terdapat 29 wilayah otot yang berbeda, masing-masing memerlukan latihan yang sesuai dan memadai.

Backpain

Backpain

Nyeri punggung bawah atau ketidaknyamanan ketika bersepeda dapat disebabkan karena sejumlah besar otot-otot di daerah ini, dan mungkin telah diabaikan dalam program latihan rutin.

Jika terlalu banyak penekanan pada daerah-daerah tertentu seperti perut (six-pack) maka terjadi ketidakseimbangan otot, menimbulkan rasa nyeri dan cedera. Karena itu perlu untuk menekankan pentingnya sebuah program latihan (training) yang komprehensif yang mencakup seluruh bagian panggul dan pinggul.

Treatment (perawatan)

Untuk mengurangi rasa sakit pada bagian belakang punggung dan pinggang anda dapat melakukan treatment (perawatan). Perawatan dapat anda lakukan jika sakit pada bagian belakang tersebut tidak berangsur hilang. Gunakan Obat penghilang rasa sakit yang biasa anda gunakan atau sesuai dengan anjuran dokter. Kompres bagian yang sakit dengan ES atau air panas (tergantung selera) selama kurang lebih 48jam.

Backpain Treatment - Foto Bikeradar

Backpain Treatment – Foto Bikeradar

Treatment dengan terapi pijat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit, pijatan-pijatan lembut pada bagian yang sakit dapat mengurangi stres pada otot. Kurangi Aktifitas yang ekstrim yang dapat memperburuk cidera.

Jika rasa sakit tidak segera hilang, periksalah kedokter atau ahli Physiotherapist. Dengan mendatangi Dokter atau Terapis anda dapat mengetahui secara lebih terperici sebab cidera yang anda alami. Cidera serius bagian punggung dan pinggang bisa disebabkan karena ; dislokasi sendi, sindroma sendi permukaan, disfungsi sendi sacroiliac atau linu panggul dan spondylosis.

Bike Fitting - Foto competitivecyclist.com

Bike Fitting – Foto competitivecyclist.com

Backpain dapat anda cegah dari awal, Bikefitting memegang peranan penting dalam hal ini :

Berikut url penghitungan bikefitting dari competitivecyclist.com

sumber: zonasepeda.com

let’s ride your bike to everywhere

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: